GReeTiNGs fRoM uS

Susahnya cari Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Jepang

Hidup di kota Miyazaki yang tenang, damai dan sunyi terkadang menjadi kendala sendiri bila harus berpergian ke daerah tertentu, sebut saja untuk berburu barang – barang diskon atau barang – barang second hand yang masih high quality ataupun untuk sekedar mengantar anak check up kesehatan. Saat – saat itu, dirasa transportasi umum kurang nyaman, selain makan waktu baik untuk menunggu atau di perjalanan, juga untuk ongkos yang jauh lebih mahal ketimbang beli bensin mobil. Untuk itu, mengendarai mobil pribadi menjadi pilihan yang menarik.

sim 028Ups … tapi tunggu dulu, meski harga mobil disini yang relatif lebih murah dari Indo, tingkat kesulitan terletak pada mencari Surat ijin mengemudi … a.k.a SIM. Untuk kartu satu lembar itu, bisa dibilang, ribetnya 10 kali dari pengurusan SIM di Indo (apalagi kalo pake calo). 

Berikut adalah penjelasan singkat prosedur pengambilan sim, berdasar pengalaman pribadi si penulis, yang merasa betul susahnya mencari SIM, meski sudah memiliki SIM Indo dan sudah 12 tahun berpengalaman mengendarai mobil.

 

Sebagai awalan, selaku pendatang dari luar negeri, ada 2 jalur yang bisa dilewati bila kita ingin mendapatkan SIM Jepang:

 

1. Gaimen 

SIM ini berlaku 2 atau 3 tahun (awalnya) setelah diperpanjang, bisa berlaku tiap 5 tahun. Dengan SIM ini, kita bisa mengendarai kendaraan pribadi dengan jumlah penumpang kurang dari 11 orang.

Ketentuannya adalah kita telah memiliki SIM Indonesia yang masih berlaku, berumur lebih dari 17 tahun pada saat mengambil SIM pertama kali, dan setidak tidaknya telah tinggal di Indonesia selama 3 bulan setelah SIM diterbitkan. Sebagai langkah pertama, si pemilik SIM harus membuat janji dengan pihak mengkyou senta untuk memvalidasi SIM indonesia. Harap diketahui, pada proses ini, ada banyak sekali pertanyaan yang diajukan, serta perbedaan sedikit pada SIM akan terus dipertanyakan.

Mengkyou Senta Miyazaki

Bila termasuk kategori ini, maka bisa langsung apply di hari yang lain dengan membawa :

a. SIM Indonesia dan translate SIM di JAF (biaya translate 3000 yen, lama pengurusan 20 menit)

b. Alien Card

c. Sertifikat Alien Card (lembaran hijau yang bisa didapatkan di kelurahan Kibana atau city hall)

d. Pass Foto 2x3 sebanyak 2 lembar

e. Pasport

f. Kaca mata / contact lens

 

Materi yang diujikan:

a. Ujian kesehatan : Tes mata (rabun dan buta warna), Tes pendengaran

b. Ujian Tulis : materi mengenai tata tertib dan cara mengemudi di Jepang (pdf buku ada di penulis, bisa dicopy karena 23 MB), lulus bila benar 8 dari 10 soal. (Pendaftaran di buka jam 08.30). Biaya 2400 yen

c. Ujian Praktek : dilaksanakan bila ujian tulis lulus, tersedia 2 rute (A dan B) yang ditetapkan acak dan diumumkan pada pagi hari. Lama waktu tempuh sekitar 5-10 menit. Lulus bila mendapat nilai 60 / 100 (nilai kesalahan ada yang 5 point, 10 point atau 20 point). Biaya sekitar 1600 yen bila diambil pada hari yang sama dengan kelulusan ujian tulis, di hari yang lain sekitar 2100 yen. (kalo gagal, membayar 2100 lagi).

SIM diterima pada hari yang sama dengan kelulusan ujian Praktek.

 

2. Karimen dan Honmen

a. Karimen

adalah SIM pemula yang berlaku 6 bulan, diperbolehkan mengendarai mobil pribadi dengan penumpang kurang dari 11 orang, namun didampingi oleh orang yang memiliki SIM Tingkat Lanjut atau SIM jepang biasa yang sudah diperbarui setelah 2-3 tahun, selain itu terdapat tanda Belajar di Mobil. SIM ini bisa diambil siapa saja yang berumur diatas 17 tahun, tanpa ada ketentuan harus mengikuti sekolah mengemudi ataupun memiliki SIM Indonesia / Internasional.

Persyaratan yang dibawa:

a. Alien Card

b. Sertifikat Alien Card

c. Pasfoto 2 x 3 sebanyak 2 lembar

d. Kacamata / contact lens

Materi yang diujikan :

a. Ujian Kesehatan : sama dengan gaimen

b. Ujian Tulis : materi sama dengan gaimen, namun jumlah soal sebanyak 50 dan harus betul 45. (biaya 3100 yen), bila tidak lulus maka mengulang lagi dengan membayar biaya test tulis lagi.

c. Ujian Praktek : Ujian di dalam Menkyou Senta dengan 3 pilihan rute, waktu tempuh selama 20-25 menit. Lulus bila mendapat nilai 70/100 (Biaya 1600 yen bila diambil pada hari yang sama dengan kelulusan ujian tulis, selain itu 4750 yen). Bila tidak lulus maka mengulang lagi dengan membayar biaya test praktek lagi.

d. Nanti kalo sudah lulus, ngambil SIM dengan membayar 1200 yen.

b. Honmen

adalah SIM Jepang umum yang berlaku 3 tahun (awal), kemudian 5 tahun setelah perpanjangan pertama.. Ketentuan mobil dan penumpang sama dengan Gaimen. Bisa diambil bila telah memiliki SIM Karimen yang masih berlaku dan telah mengikuti kursus mengemudi selama 5 hari serta mengikuti kursus P3K selama 2 hari (20.000 yen)

Persyaratan yang dibawa:

a. SIM Karimen

b. Alien Card

c. Sertifikat Alien Card  

d. Pasfoto 2 x 3 sebanyak 2 lembar

e. Kacamata / contact lens

Materi yang diujikan :

a. Ujian Kesehatan : sama dengan gaimen

b. Ujian Tulis : materi sama dengan gaimen, namun jumlah soal sebanyak 100 dan harus betul 90. (biaya 2400 yen), bila tidak lulus maka mengulang lagi dengan membayar biaya test tulis lagi.

c. Ujian Praktek : Ujian di luar Menkyou Senta dengan 7 pilihan rute, jarak perjalanan 2km. Bila berhasil, dilanjutkan dengan test parkir, terdapat 3 pilihan untuk ini. Kita dinyatakan lulus bila mendapat nilai 70/100 (Biaya 3400 yen). bila tidak lulus maka mengulang lagi dengan membayar biaya test praktek lagi.

Bila berhasil mendapat SIM ini, selama 1 tahun pertama, mobil harus ditempel stiker pemula di bagian depan dan belakang. Memang untuk mendapatkan SIM honmen ini, memakan waktu dan biaya yang besar, karena untuk orang jepang sendiri, membutuhkan 4-6 kali test untuk bisa lulus. Hal ini dikarenakan ketatnya test yang mereka lakukan, cara belok yang tidak benar, ataupun lupa untuk menoleh bisa berakibat kegagalan. Jadi bisa dibayangkan bila dinyatakan lulus, tak jarang kita lihat mereka – mereka itu lompat kegirangan.

Sebagai gambaran, si penulis mencoba mencari SIM melalui jalur karimen dan honmen sebagai akibat umur yang terlalu muda pada pengambilan SIM Indonesia (16th). Untuk karimen sendiri ujian tulis dan ujian praktek sebanyak 1 kali, namun untuk honmen, ujian tulis sebanyak 3 kali dan ujian praktek sebanyak 4 kali. Biaya yang dihabiskan sekitar 100 rb yen, selain untuk biaya test, juga untuk biaya belajar ujian praktek (@jam=6500 yen)

Selain SIM JEPANG di yang telah dipaparkan di atas, ada juga beberapa teman yang mentranslate SIM melalui SIM INTERNASIONAL. dengan beberapa persyaratan, antara lain SIM Indonesia dan Pasport serta photo, Translate yang menghabiskan biaya sekitar 8000 yen ini bisa diminta secara online melalui internet. Masa waktu pembuatan sekitar 1 minggu, dengan masa waktu SIM Internasional 1 atau 3 tahun. Hanya saja, pihak Mengkyou Senta Miyazaki sendiri tidak mengakui SIM ini, meski kadang POLISI di miyazaki sepertinya terkesan menerima SIM ini dengan hanya memberi peringatan untuk pelanggar (berkaca dari pengalaman teman yang tertangkap polisi dengan SIM Internasional).

Jadi SIM mana yang akan anda ambil … Apapun SIMnya … mengendarai hati – hati lah di Jalan ya .. BANZAI !!

0 comments:

Posting Komentar