GReeTiNGs fRoM uS

Pertama kali ke Miyazaki ??

Dag … Dig …. Dug ….8105066

wah hati ini berdegup kencang … terutama mendekati hari – hari keberangkatan ke Miyazaki … macam – macam pikiran pun mulai bermunculan … nanti kalo tersesat bagaimana? orang2 disana gimana ya? nanti kalo nggak bisa ngomong bahasa jepang gimana dong? …. wah pertanyaan bertubi – tubi …….  hingga pada akhirnya di hari H berangkat … eh, PASPORT malah ketinggalan di rumah hihi …. Jangan sampailah …

Hal – hal seperti diatas adalah stress kecil yang menghantui kita bila kita sendirian dan pertama kali menuju tempat yang sama sekali asing bagi kita. Tapi tidak bagi kawan – kawan yang hendak ke miyazaki pertama kali dari Indonesia … kami dari PPI Miyazaki berusaha membantu para indonesianers yang hendak tiba di sini. (so call or send us info ya)

Berikut step by step perjalanan transportasi bagi kawan – kawan yang hendak berpergian ke Miyazaki dari Indonesia.

  1. Setelah berpamitan, cipika cipiki dengan para keluarga yang ditinggalkan di bandara (bandara apapun di Indonesia) dan duduk di kursi milik maskapai penerbangan, dan tibalah saat untuk mempersiapkan diri menghadapai saat kedatangan di Jepang.
  2. Seperti biasa dalam penerbangan internasional, kita selalu dibagikan kartu – kartu imigrasi dan declaration. Jawab pertanyaan sesuai dengan data diri kita, terutama mengacu pada paspor. Bila tak yakin, tanya ke sebelah kita atau pramugari di pesawat, kalo masih bingung juga, diisi setelah landing pun juga boleh.
  3. Untuk tujuan ke Miyazaki, bandara internasional Jepang yang kerap di jadikan tujuan akhir adalah Narita Tokyo atau Hakata Fukuoka (meski tak jarang ada yang lewat Osaka atau langsung ke Miyazaki melalui taiwan-korea). Untuk itu, mari kita perjelas perjalanan melalui 2 bandara internasional tadi:
    • Narita Tokyo,
      • Bila kita mendaratkan kaki di bandara narita, setelah melewati antrian berliku imigrasi dan pengambilan bagasi. Rasanya pilihan yg tepat untuk meneruskan perjalanan ke Miyazaki adalah pesawat domestik. Dan bila itu yang dipilih, langkah selanjutnya adalah menuju bandara domestik Haneda.   Ups .. sebelumnya mohon diingat, batasan bagasi untuk penerbangan domestik dan internasional berbeda, jadi bila merasa bawaan melebihi 25 kg, ada baiknya bila kita kirim saja bagasi yg berat melalui pengiriman express di bandara narita atau handea yang akan memakan waktu 1-2 hari. 2…r…‰‡Ì‡è‡¨‡è‡ÎŁ½ŒÊ’}.ai
      • Perjalanan dari bandara narita ke haneda bisa ditempuh melalui 2 macam public transportation, yaitu dengan menggunakan limousine bus yang terdampar di 1F Pos 5 atau 15, alternatif lain  kita menuju lantai basement dan menggunakan kereta subway. Kalo pake limuosine bus, enaknya kita tinggal duduk dan 1 jam kemudian sampai di tujuan, meski ongkos yang keluar lebih mahal. Bila menggunakan kereta subway, sering – seringlah lihat nama stasiun, karena di hamamatsuchou station, kita harus ganti kereta.
      • Bila sudah tiba di Haneda, check nama maskapai penerbangan kita untuk menentukan lokasi terminal penerbangan. Umumnya terminal 2 haneda digunakan ANA dan skynet, sedang terminal 1 haneda untuk JAL.
      • Bording bisa melalui check in counter atau self service di ATM (di stasiun Hamamatsuchou juga bisa lho).image
      • Insyaallah pesawat domestik ini (kalo tidak salah naik pesawat ya), akan landing di bandara Miyazaki. Menuju daerah Miyazaki university (daigaku) pun tidak sulit, bisa ditempuh melalui taksi atau kereta. Taksi biasanya berderet di pintu keluar, namun kalo ingin naik kereta, jangan lupa untuk turun di stasiun Tanoe atau Minami miyazaki, kemudian ganti kereta yang menuju ke stasiun Kibana.  
    • Hakata FukuokaG
      • Bila kita mendarat di Hakata, dengan kata lain kita sudah berada di satu daratan dengan miyazaki. Jadi, alternatif yang baik menuju Miyazaki (selain melalui penerbangan domestik Fukuoka – Miyazaki), adalah menggunakan Bus antar kota Fukuoka – Miyazaki. Apabila menggunakan pesawat domestik, setelah mengambil bagasi, kita tinggal menggunakan shuttle bus gratis yang akan membawa kita ke terminal domestik (bus akan melalui terminal kargo sebelum ke terminal domestik).
      • Namun untuk penggunaan bus, ada 2 alternatif lokasi, yaitu Bus Center yang ada di dekat stasiun kereta Hakata, atau ke daerah Tenjin. Dalam hal ini, yang paling mudah adalah menuju Bus Center di sebelah stasiun kereta Hakata. Jadi, setelah sampai di terminal domestik, kita menuju ke basement untuk menggunakan subway yang menuju Hakata station. hmm , kalo tidak salah habis sekitar 280 yen, dan melewati satu stasiun sebelum kita tiba di Stasiun Hakata.
      • Lokasi Bus Center pun tidak sulit untuk di temui di daerah stasiun Hakata, kita tinggal keluar melalui Hakata Gate, kemudian jalan 50 meter ke arah kanan. Di Bus Center yang memiliki 5 lantai ini, untuk bus ke arah miyazaki biasanya terletak di lantai tiga, nomor 58 (kalo tidak ganti). Tiket bus pun tidak terlalu mahal, sekitar 10.000 yen untuk PP atau 6000 yen sekali jalan. koutsuu2
      • Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi kedatangan di Miyazaki. Setelah menempuh kurang lebih 4 jam perjalanan, kita bisa menentukan tempat pemberhentian di Terminal Miyako City atau di Stasiun Miyazaki (untuk informasi, bila ingin melanjutkan ke arah Miyazaki University, lokasi terminal Miyako City lebih dekat). Perjalanan ke Miyazaki University bisa dilanjutkan menggunakan public bus atau train. bila menggunakan bus, kita bisa turun langsung di university of miyazaki, namun untuk train kita akan turun di Kibana station yang berjalan kurang lebih 20 menit perjalanan kaki.

WELCOME TO UNIVERSITY OF MIYAZAKI

MiyazakiUniv_Main

Betul kan kawan – kawan, tidak sulit perjalanan menuju miyazaki. Dan ada baiknya bila hendak menuju Miyazaki pertama kali, anda menghubungi PPI Miyazaki, siapa tahu kami ada yang bisa membantu dengan menjemput dan menyambut kedatangan anda di Miyazaki.

Untuk keterangan lebih lanjut, bisa langsung menghubungi kami. Terima kasih.

1 comments:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, perkenalkan saya bangkit dari IPB, oktober ini akan berangkat menuju miyazaki untuk sekolah, apakah ada kontak untuk PPI miyazaki yang bisa saya hubungi? Tks

29 Juli 2015 pukul 09.15  

Posting Komentar